Senin, 22 Januari 2018

KEMAH BHAKTI PRAMUKA ( KBP )

KEMAH BHAKTI PRAMUKA ( KBP ) 2017

Perkemahan Bakti Pramuka Penggalang adalah kegiatan perkemahan bagi anggota Pramuka gudep SMP Islam Yawapi Asy-sya'ban Bojong Kabupaten Pekalongan yang didalamnya juga dilakukan Bhakti Sosial untuk masyarakat disekitar Bumi perkemahan.
Perkemahan yang dilaksanakan pada bulan Agustus 2017, bertempat di bumi perkemahan lapangan Deswa Karangsari Kecamatan Bojong Kabupaten Pekalongan. Peserta perkemahan adalah anggota  dari seluruh siswa-siswi SMP Islam Yawapi Asy-sya'ban Bojong dari kelas VII samapai dengan kelas IX. Tiap regu beranggotakan 8 sampai 13  orang  putra dan 1 regu putri beranggotakan 8 sampai 14 orang, serta satu pendamping regu tiap masing-masing regu,.

Sampai di lokasi perkemahan mereka langsung registrasi pada panitia kemudian mendirikan tenda yang sudah di bawa dari sekolah. Beberapa dari peserta putra sangat antusias untuk mencari kayu-kayu kering di sekitar perkemahan yang akan dipergunakan untuk memasak, namun ternyata pada perkemahan ini panitia sudah menyediakan kayu bakar untuk digunakan oleh peserta kemah 
Pada perkemahan ini, peserta makan dan minum disediakan orang tua. 
Materi pelatihan yang peserta dapatkan diantaranya materi tali-temali, PBB, semaphore, morse, dan organisasi Pramuka. Materi tersebut mereka dapatkan pada sore hari pertama. Setiap peserta hanya mendapatkan satu jenis  materi. Harapannya adalah, materi tersebut nantinya dapat dibagikan pada anggota Dewan Galang yang lain, untuk selanjutnya dapat membantu Pembina Pramuka di sekolah asal. Menjelang akhir kegiatan, cuaca di tempat kegiatan gerimis sehingga peserta kembali ke perkemahan sambil sedikit basah.
Peserta perkemahan juga melakukan bakti karya yaitu memasang peralon saluran air untuk warga. Di tengah perjalanan, terjadi hujan deras padahal tidak semua peserta membawa jas hujan, alhasil banyak diantara mereka yang hujan-hujanan sambil kembali ke lokasi perkemahan menyusuri lereng-lereng dan pemukiman penduduk yang jaraknya beberapa ratus meter saja.
Perkemahan ini memberikan pengalaman yang sangat berharga bagi kami. Akan kami ceritakan dan akan kami bagikan pengalaman ini kepada yang lain.

1 komentar:

  1. Tolong aktifkan lagi akun ini agar dapat mempublikasikan lagi kegiatan pramuka smp islam

    BalasHapus